Menjahit Baju

Menjahit Baju

Menjahit baju
menjahit baju
Trend fashion memang tak ada matinya , apalagi jika sudah maniak . Tentu ingin sekali mengkoleksi baju-baju baru yang up to date dan tentunya tidak mainstream . Bagi kaum hawa , memiliki satu dua potong baju rasanya masih kurang lengkap , meskipun lebaran sudah selesai para kaum hawa masih memendam hasrat untuk terus memiliki koleksi baju baru yang tampil modis dan tentunya untuk menaikkan gengsi dikalangan masyarakat . Memang tak ada salahnya dengan hobi mengkoleksi baju , asalkan itu positif dan tidak menguras kantong keluarga lanjutkanlah .

Permasalahan  yang sering timbul pada wanita fashionable adalah bagaimana caranya memiliki koleksi baju yang mirip dengan para model . Para kaum hawa biasanya sering membaca majalah fashion atau mengikuti acara fashion show yang diselenggarakan di tempatnya , namanya juga kaum wanita setiap kali melihat barang yang menurutnya “cucok” langsung saja tanpa pandang kanan kiri pengen diambil dalam hal ini menginginkan produk serupa yang dikenakan oleh peragawati .

Umumnya baju-baju yang dipamerkan dalam acara fashion show ataupun majalah fashion bersifat tidak dijual untuk umum hanya dijadikan sebagai trend setter dalam gaya berbusana masa kini , nah inilah yang menjadi permasalahan kaum wanita mengingat mereka ingin sekali memiliki produk serupa namun tak dijual di toko-toko . Salah satu cara untuk memilikinya adalah berbelanja di mall besar lalu mencari barang yang sedemikian mirip dengan salah satu atau banyak di majalah fashion , namun metode ini kerap mengundang rasa kekecewaan karena setelah dicoba dirumah ternyata tidak cocok dengan karakter tubuh si pemakai atau model yang terlalu mainstream sehingga banyak diluaran sana yang memakainya dan tentu ini akan menjatuhkan “image” si pemakai .

Salah satu cara termudahnya adalah menjahit baju sendiri . Anda tinggal mencari model baju apa yang anda inginkan baik itu dari majalah , internet atau punya referensi tersendiri untuk berimajinasi yang terbaik sesuai dengan apa yang anda inginkan . Salah satu cara termudah adalah dengan mengunduh model-model baju di internet , anda bisa langsung mencarinya di mesin pencari gambar ataupun sosial media seperti pinterest . Tinggal ketikkan semisal “tren berbusana 2014” maka anda akan disuguhkan dengan jutaan gambar dari penjuru dunia mengenai tren berbusana masa kini yang patut anda contoh .

Belajar Menjahit Baju


Jika anda belum pernah memakai baju hasil jahitan sendiri atau orang lain , tak ada salahnya untuk membuat baju kreasi sendiri . Mungkin jika kita membeli jasa penjahit baju , ongkos yang anda keluarkan total baik untuk membeli kain , aksesoris dan juga upah untuk penjahit bisa dikatakan jauh lebih mahal ketimbanga anda membeli baju di toko/mall.  Alasan inilah yang membuat sebagian orang enggan untuk menjahit baju kepada orang lain , apalagi menjelang lebaran tentunya tarif  yang dikenakan oleh penjahit bisa mahal sekali . Untuk mensiasatinya , anda perlu mencoba menjahit baju sendiri supaya kedepannya anda bisa memiliki baju yang tidak mainstream (jika anda fashionista) dan tentunya pundi-pundi uang akan mengalir jika nantinya anda ingin mendirikan sebuah butik misalnya .

Perlu anda perhatikan beberapa tahapan dalam belajar menjahit sendiri dirumah , tahapan itu diantaranya :

1.    Membuat Pola
Pola dalam sebuah jahitan itu sangat penting , karena polalah yang menentukan hasil bagus atau tidaknya sebuah jahitan baju . Anda bisa belajar terlebih dahulu membuat pola , untuk pemula lebih baik memilih pola yang simpel atau juga bisa mendapatkan pola yang sudah jadi . Biasanya di majalah fashion sering ada contoh pola baju , anda tinggal jiplak saja atau terapkan langsung pada kain yang ingin dijadikan baju .

baja juga :cara membuat pola baju
2.    Kain
Tahap selanjutnya anda harus memiliki kain untuk dijahit . Sebelum membeli kain , terlebih dahulu anda meriset apakah kain yang anda butuhkan saat ini , apakah membutuhkan kain yang jenis tebal atau tipis , atau kain  yang kasar atau licin , apakah kain yang mudah menyerap keringat atau tidak . Pilihlah kain yang membuat anda nyaman saat memakainya , kenalilah jenis-jenis kain terlebih dahulu agar anda tidak menyesal dikemudian hari .


3.    Memotong kain
Tahap yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah memotong kain , setelah anda membuat pola baju yang sesuai dengan keinginan kemudian memilah jenis kain yang nyaman dipakai sekarang tiba saatnya anda harus memotong kain menjadi beberapa bagian untuk dijahit . Berhatil-hatilah saat memotong kain , usahakan pola baju tertempel dengan benar pada kain agar tidak mudah melesat tancapkan jarum pentul disetiap sudut pola . Lalu jika anda takut lupa bagian mana yang harus dipotong , buatlah semacam tanda dikain dengan pensil atau sejenisnya .


4.    Menjahit Baju
Kini giliran yang ditunggu-tunggu tiba , menjahit baju . Pastinya ini tahapan yang sangat krusial , apalagi bagi seorang pemula pasti takut sana-sini terus membayangi . Jangan takut , cobalah sedikit demi sedikit , jika masih canggung anda bisa memulai menjahit sedikit demi sedikit tiap bagian . Jahitlah pada bagian – bagian yang hanya memerlukan jenis jahitan lurus agar mudah dikendalikan , mulailah dengan jenis jahitan yang simpel agar melatih untuk tidak kaku . Setelah semuanya jadi , anda hanya perlu merapikan hasil jahitan supaya tampak bagus dan jika diperlukan setrikalah baju Anda .
Share This

1 komentar:

  1. Thanks for sharing. Tertarik untuk mempelajari bagaimana cara membuat pola baju dirumah tanpa harus mengikuti kursus jahit?. Anda bisa memanfaatkan pola baju siap pakai dari Fitinline.

    BalasHapus

About Us

Like Us

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates