Jenis Jahitan Kaos

Jenis Jahitan Kaos

Siapa sih yang gak suka pakai kaos ? terutama kalau lagi panas gerah atau lagi nyantai dipantai wuih adem banget rasanya . Kaos atau yang biasa dikenal dengan sebutan T-Shirt ini merupakan trend fashion yang abadi , tidak mudah dimakan zaman . Mungkin karena bentuknya yang simpel sehingga orang dengan mudah memakainya dan melepasnya tanpa perlu membutuhkan waktu lama . Selain bahannya yang biasanya adem , tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis sehingga enak dipakai .

Kaos oblong atau T-shirt ini sendiri juga terdiri dari berbagai macam sablon seperti sablon plastisol dan sablon rubber , sablon plastisol biasanya hasil sablonan tampak mengkilap dan lebih ngejreng tapi akan cepat pudar jika sering dicuci , sedangkan sablon rubber hasil sablonan nampak masuk atau menyerap kain sehingga hasil sablonan kurang begitu memikat namun awet meski dicuci berkali-kali . Jahitan pada kaos itu sendiri bermacam-macam , diantaranya :


1.    Jahit obras
Jahitan obras biasanya berfungsi untuk merapikan pinggiran kain agar tidak melinting sehingga tampak cantik dipandang . Jahitan obras pada kaos biasanya ditemukan pada daerah badan depan dan belakang , leher atau lengan . Untuk menghasilkan jahit obras tentunya menggunakan mesin jahit obras , mesin jahit obras itu sendiri ada 2 tipe yakni tipe 4 benang dan 3 benang . Untuk tipe 4 benang ini cocok untuk menghasilkan obrasan pada kaos karena menggunakan 2 jarum yakni jarum untuk menjahit dan jarum untuk mengobras .

jahit obras
jahit obras
baca juga : harga mesin jahit obras
2.    Jahitan overdeck
Jahitan overdeck pada kaos bisa ditemukan di daerah ujung lengan , ujung bagian bawah kaos dan kerah kaos bagian dalam . Dalam dunia konveksi , mesin jahit overdeck ini biasa disebut mesin jahit kamput , selain untuk kepentingan menjahit daerah ujung lengan dsb , mesin jahit overdeck ini juga biasa digunakan pada jenis celana training/olahraga untuk membuat lis .
jahitan overdeck
jahitan overdeck
3.    Jahitan rantai
Jahitan rantai ini mulai marak ditemukan pada kaos – kaos distro . Kenapa disebut jahitan rantai ya karena bentuknya memang seperti rantai . Jahitan rantai bisa ditemukan dibagian atas kaos seperti area pundak kanan , pundak kiri dan belakang leher . Awalnya tujuan digunakannya jahitan rantai pada kaos adalah untuk mempermudah pengerjaan menjahit kaos namun seiring berjalannya waktu kini dianggap sebagai acuan tersendiri sehingga kaos tampak rapi dan berkualitas .
jahit rantai
jahitan rantai


4.    Jahitan lurus
Jahitan lurus adalah jenis jahitan yang umum digunakan pada seluruh bagian kaos dalam jumlah banyak , sedangkan pada kaos distro jarang digunakan karena lebih banyak penggunaan jahitan rantai daripada jahit lurus .


Share This

1 komentar:

  1. ingin kaos polos berkualitas?yuk kunjungi http://www.kaosyes.com menjual grosir kaos polos yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

    BalasHapus

About Us

Like Us

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates