Panduan Belajar Menjahit Untuk Orang Awam

Panduan Belajar Menjahit Untuk Orang Awam

Belajar Menjahit
suasana belajar menjahit
Menjahit bukanlah kegiatan untuk ibu-ibu rumah tangga yang tidak punya pekerjaan utama . Bapak-bapak atau bahkan adik – adik yang masih smp atau sma pun bisa belajar menjahit . Dengan mempunyai ketrampilan menjahit maka kita memiliki bekal untuk mengembangkan wirausaha sendiri . Bahkan dari dulu hingga sekarang , profesi tukang jahit masih dibutuhkan . Entah itu skala kecil (UKM) ataupun besar (konveksi dan pabrik) .


Sama saja dengan belajar ketrampilan lainnya , menjahit membutuhkan kesabaran tinggi dalam awal-awal Anda belajar . Tentu saja yang dibutuhkan dalam belajar apapun adalah ketekunan , kesabaran dan pantang menyerah . Awal permulaan belajar tentunya Anda akan disuguhkan dengan rasa malas , bosan dan akhirnya menyerah begitu saja . Mulai sekarang buang sifat tersebut dan simaklah panduan belajar menjahit berikut ini hingga akhirnya Anda bisa menjahit dengan pandai .

Belajar Menjahit
suasana belajar menjahit untuk pemula
•    Miliki mesin jahit , ketrampilan menjahit adalah ketrampilan praktis langsung praktek . Anda tidak dituntut untuk menghafal berbagai teori yang memusingkan kepala Anda . Miliki segera mesin jahit agar memudahkan anda dalam belajar . Apakah anda belajar di tempat kursus atau di rumah teman , kalau Anda tidak memilikinya tentu akan sia-sia .
Mesin Jahit
mesin jahit klasik

•    Koleksi kain-kain sisa , jika anda sudah memiliki mesin jahit , maka segeralah anda berburu atau mengumpulkan kain-kain sisa yang bisa anda gunakan untuk belajar . Jangan gunakan kain mahal atau baru beli di pasar , gunakanlah sumber daya yang Anda sehingga Anda benar-benar memanfaatkan sebaik mungkin . Kenapa  harus sisa ? supaya jika terjadi hasil jahitan yang buruk , Anda tidak terlalu kecewa dengan jenis kain yang anda gunakan . Tidak terbayangkan jika anda membeli kain seharga ratusan ribu lalu anda pakai untuk belajar , sayang bukan ?

•    Belajar ke tempat kursus atau profesional , jika anda memiliki tujuan bahwa kegiatan menjahit ini untuk menghasilkan rupiah , maka ada baiknya anda belajar ke tempat kursus menjahit atau teman yang memiliki keahlian menjahit dengan baik . Akan tetapi jika kegiatan menjahit ini hanya untuk hobi , maka terserah anda apakah mau belajar sendiri atau ke orang lain .

Itulah beberapa panduan belajar menjahit untuk orang awam semoga bisa menambah wawasan pengetahuan Anda dan tak pelak saya ucapkan terima kasih karena telah membaca artikel di blog saya .

Share This

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Like Us

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates