Peralatan Menjahit

Peralatan Menjahit

Buat kamu yang lagi belajar menjahit , cobalah untuk menjahit pakaian atau kain yang sederhana polanya , jangan yang terlalu kompleks semacam pakaian wanita yang banyak pola . Misalnya saja kamu bikin sarung rak tv , itu kan sederhana sekali polanya , tinggal jahit lurus saja . Atau bisa juga membuat sarung bantal , intinya yang enak buat belajar saja biar kamu tidak pantang menyerah . Kalau kamu memulai dengan sesuatu yang sulit dan nyatanya ditengah jalan kamu belum bisa , pasti akan patah semangat .

Sebelum memulai belajar menjahit , alangkah lebih baiknya persiapkan peralatan menjahit yang wajib kamu miliki . Jangan sampai waktu kamu sudah memulai praktik , tiba-tiba kamu mencari sesuatu yang sebelumnya harus kamu persiapkan terlebih dahulu . Kalau sudah begini kan jadi pusing . Peralatan menjahit tidaklah Cuma benang dan mesin jahit saja , akan tetapi cukup banyak macamnya . Jika ingin menjahit secara profesional , tak ada salahnya untuk me-list daftar berikut ini untuk dijadikan acuan kamu sebelum ke toko peralatan menjahit . Berikut macamnya :

Pensil
pensil
1.    Kertas dan Pensil
Inilah peralatan pertama yang wajib kamu punya , pensil dan kertas wajib dimiliki bagi seorang penjahit karena fungsinya sangat penting sekali . Pensil digunakan untuk menggambar pola . Kalau tidak ada pola kan susah merancang desainnya , benar kan ? nah selain pensil , harus ada kertasnya dong . Kertas ini sebagai media menggambar pola , kalau tidak ada kertas mau gambar dimana coba ? kertas bisa kertas koran , kertas roti atau atau kertas karton . Sebaiknya punya sedia yang banyak kertasnya biar tidak repot dikemudian hari .

pita ukur
pita ukur
2.    Meteran dan penggaris
Penggaris juga bermacam – macam jenisnya , sebaiknya seorang calon penjahit memiliki satu penggaris dan satu meteran ukur (pita ukur)  . Kalau kamu tidak memiliki penggaris , nanti susah kalau mau bikin pola lurus , tidak ada penggaris tentu sulit sekali membuat garis lurus . Sebaiknya sediakan 2 penggaris berbeda ukuran misalnya 10cm dan 30cm untuk  membuat pola yang beraneka ragam . Kalau pita ukur digunakan untuk mengukur tubuh .


gunting
gunting


1.       Gunting
Pasti tahu ini fungsinya apa , gunting buat memotong . Tapi jangan dicampur aduk antara gunting buat kain sama kertas , nanti tumpul tuasnya . Sebaiknya sediakan masing-masing gunting untuk kertas dan kain . Untuk merawat gunting supaya tetap tajam , asah atau bersihkan secara berkala . 

4.    Penanda kain
Penanda kain beraneka macam mulai kapur jahit , pensil , hingga rader . Nah , pilih salah satu saja yang enak dipakai buat kamu . Ini fungsinya buat penanda di kain , misalnya kain mau dipotong disebelah sini lalu kamu tandai dengan kapur jahit dengan lurus maka kamu akan tahu bahwa dibagian inilah yang harus kamu potong . kalau tidak ditandai kan bisa saja lupa atau tidak presisi .
jarum
jarum
 5.    Jarum
Jarum pastinya buat memasukkan benang lalu ditusuk ke kain (istilah saya) , tapi perlu dicek juga apakah kamu sudah menyediakan jarum jahit , jarum tangan dan jarum spin . Kegunaannya memang berbeda-beda , jarum jahit untuk di mesin , sedangkan jarum tangan untuk digunakan manual dengan tangan dan jarum spin untuk menusuk /menyemat kain yang numpuk supaya tidak bergerak sendiri .

mesin jahit butterfly
mesin jahit

6.    Mesin Jahit
Ya ini peralatan sakral terakhir , kalau kamu belum punya mesinnya , bisa pinjam sama teman , tetangga ya . Jangan sampai dengan keterbatasan jadi penghambat kamu untuk berkreasi . Mesin jahit itu sendiri beraneka ragam macamnya mulai dari mesin jahit manual , mesin jahit high speed dan yang terakhir mesin jahit mini portable .


Share This

1 komentar:

  1. Thanks for sharing.. Tertarik untuk mempelajari cara membuat pola kemeja beserta cara menjahitnya?.. Anda bisa memesan paket CD belajar menjahit di Fitinline..

    BalasHapus

About Us

Like Us

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates