Peralatan Menjahit

Peralatan Menjahit

Buat kamu yang lagi belajar menjahit , cobalah untuk menjahit pakaian atau kain yang sederhana polanya , jangan yang terlalu kompleks semacam pakaian wanita yang banyak pola . Misalnya saja kamu bikin sarung rak tv , itu kan sederhana sekali polanya , tinggal jahit lurus saja . Atau bisa juga membuat sarung bantal , intinya yang enak buat belajar saja biar kamu tidak pantang menyerah . Kalau kamu memulai dengan sesuatu yang sulit dan nyatanya ditengah jalan kamu belum bisa , pasti akan patah semangat .

Sebelum memulai belajar menjahit , alangkah lebih baiknya persiapkan peralatan menjahit yang wajib kamu miliki . Jangan sampai waktu kamu sudah memulai praktik , tiba-tiba kamu mencari sesuatu yang sebelumnya harus kamu persiapkan terlebih dahulu . Kalau sudah begini kan jadi pusing . Peralatan menjahit tidaklah Cuma benang dan mesin jahit saja , akan tetapi cukup banyak macamnya . Jika ingin menjahit secara profesional , tak ada salahnya untuk me-list daftar berikut ini untuk dijadikan acuan kamu sebelum ke toko peralatan menjahit . Berikut macamnya :

Pensil
pensil
1.    Kertas dan Pensil
Inilah peralatan pertama yang wajib kamu punya , pensil dan kertas wajib dimiliki bagi seorang penjahit karena fungsinya sangat penting sekali . Pensil digunakan untuk menggambar pola . Kalau tidak ada pola kan susah merancang desainnya , benar kan ? nah selain pensil , harus ada kertasnya dong . Kertas ini sebagai media menggambar pola , kalau tidak ada kertas mau gambar dimana coba ? kertas bisa kertas koran , kertas roti atau atau kertas karton . Sebaiknya punya sedia yang banyak kertasnya biar tidak repot dikemudian hari .

pita ukur
pita ukur
2.    Meteran dan penggaris
Penggaris juga bermacam – macam jenisnya , sebaiknya seorang calon penjahit memiliki satu penggaris dan satu meteran ukur (pita ukur)  . Kalau kamu tidak memiliki penggaris , nanti susah kalau mau bikin pola lurus , tidak ada penggaris tentu sulit sekali membuat garis lurus . Sebaiknya sediakan 2 penggaris berbeda ukuran misalnya 10cm dan 30cm untuk  membuat pola yang beraneka ragam . Kalau pita ukur digunakan untuk mengukur tubuh .


gunting
gunting


1.       Gunting
Pasti tahu ini fungsinya apa , gunting buat memotong . Tapi jangan dicampur aduk antara gunting buat kain sama kertas , nanti tumpul tuasnya . Sebaiknya sediakan masing-masing gunting untuk kertas dan kain . Untuk merawat gunting supaya tetap tajam , asah atau bersihkan secara berkala . 

4.    Penanda kain
Penanda kain beraneka macam mulai kapur jahit , pensil , hingga rader . Nah , pilih salah satu saja yang enak dipakai buat kamu . Ini fungsinya buat penanda di kain , misalnya kain mau dipotong disebelah sini lalu kamu tandai dengan kapur jahit dengan lurus maka kamu akan tahu bahwa dibagian inilah yang harus kamu potong . kalau tidak ditandai kan bisa saja lupa atau tidak presisi .
jarum
jarum
 5.    Jarum
Jarum pastinya buat memasukkan benang lalu ditusuk ke kain (istilah saya) , tapi perlu dicek juga apakah kamu sudah menyediakan jarum jahit , jarum tangan dan jarum spin . Kegunaannya memang berbeda-beda , jarum jahit untuk di mesin , sedangkan jarum tangan untuk digunakan manual dengan tangan dan jarum spin untuk menusuk /menyemat kain yang numpuk supaya tidak bergerak sendiri .

mesin jahit butterfly
mesin jahit

6.    Mesin Jahit
Ya ini peralatan sakral terakhir , kalau kamu belum punya mesinnya , bisa pinjam sama teman , tetangga ya . Jangan sampai dengan keterbatasan jadi penghambat kamu untuk berkreasi . Mesin jahit itu sendiri beraneka ragam macamnya mulai dari mesin jahit manual , mesin jahit high speed dan yang terakhir mesin jahit mini portable .


Share This

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Like Us

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates